Friday 5 October 2018

Ramahnya Kota Jogja

Menghabiskan waktu 2 hari 1 malam rasanya tidak cukup untuk menelusuri indahnya kota Jogja. Sebelum ke sana ada baiknya membuat daftar prioritas lokasi-lokasi mana saja yang harus di kunjungi.

Jogja dikenal sebagai kota pelajar dan betul di sana banyak sekali perguruan tinggi, walaupun populasi anak muda di sana jadi lebih banyak serta ditambah pula banyaknya wisatawan asing yang mampir ke jogja tetap menjadikan jogja tempat yang ramah terhadap pejalan kaki, pengguna sepeda dan pengendara kendaraan bermotor. 

Selama 2 hari di jogja, hanya sekali menemukan jalan macet itu pun karena memang sedang acara wisuda di salah satu kampus di daerah itu. Macetnya pun tak lama. Rasanya bikin iri saja denganku yang kuliah di kota super macet dulu. 

Di pusat kota Jogja juga jarang ditemui mobil-mobil besar seperti bis dan teman-temannya, entah itu peraturannya atau apa, juga tidak ada angkot yang ada hanya bis trans jogja yang tidak beroperasi sampai malam. Kalau di Jakarta ada jalan alternatif untuk menghindari jalan yang sedang ada pembangunan jalur MRT, di jogja ada jalur alternatif sepeda bagi yang mau memotong jalan. Maklum, selama di sana, banyak sekali menemukan persimpangan dan lampu merah. Lampu merahnya hampir 40 detik sedangkan lampu hijaunya paling 20 detik. Lumayan bisa bikin kulit makin gelap karena panasnya matahari jogja di siang hari. 

Sebelumnya ini tidak ada maksud rasis atau apa ya, karena setiap wilayah punya ciri khas masing-masing. Jogja itu ramah-ramah sekali penduduknya, mungkin karena didukung dengan logat kromo inggil yang halus juga. Karena kalau orang yang tidak paham bahasanya, mereka marah pun kita tidak akan merasa. Kemarin ada ibu-ibu yang bisa dibilang agak jutek, tapi karena bahasanya halus jadi tidak terlihat :D 

Sepertinya pusat Jogja ini seluruhnya adalah kawasan wisata ya, jarak antara satu tempat wisata dengan tempat lainnya berdekatan tapi kalau tidak bawa kendaraan sendiri ya lumayan harus ada anggran tambahan untuk naik becak atau delman berkali-kali.

Related Articles

0 comments:

Post a Comment

Powered by Blogger.

Pages